Senin, 19 November 2007

Kebudayaan Dan Tradisi

Kesenian Ujungan

Merupan seni permaianan ketangkasan yang dilakukan oleh 2 orang jawara. Mereka saling memukulkan ( menyabetkan ) tongkat rotan ke arah kaki, sambil diiringi oleh tabuhan sampiyong yang terdiri dari gambang dan totok ( kentongan bambu ). Disamping itu terdapat 2 orang beboto ( pemisah ) yang bertugas melerai jika kedua jawara saling bergumul. Sementara penonton disekelilingi membentuk kalangan ( arena ) dan sesekali bersorak riuh, bila ujung rotan mengena dan berhasil menjatuhkan lawan.

Seni Musik Gambus

Adalah seni yang bercirikan budaya Islam,karena jenis musik ini berasal dari Timur Tengah (Tanah Arab) . Pada jaman dulu musik gambus dimainkan untuk memeriahkan upacara perkawinan, khitanan, dan mengiringi Tari Japin. Lagu - lagu yang dibawakan biasanya lagi yang bernafaskan Islam atau lagu - lagu yang berisikan nasihat dan keagama'an.

Tari Topeng

Atau yang dikenal dengan topeng biasa, merupakan salah satu jenis kesenian Bekasi yang relatif masih tetap eksis dan banyak penggemarnya. Walaupun dinamakan Tarian Topeng, namun tidak didominasi oleh masyarakat kecil. Seperti halnya musik gambus, Tarian Topeng biasanya dimainkan untuk memeriahkan upacara perkawinan, khitanan dan kaulan.

Tidak ada komentar: