Minggu, 18 November 2007

Dari Gambus Melahirkan Orkes Melayu Dan Dangdut

Karena beragama Islam mereka cepat membaur dengan penduduk setempat dan mengawini wanita pribumi. waktu itu islam sudah menjadi agama mayoritas masyarakat indonesia.saudara - saudara dari pihak ibu mereka sebut ahwat.dalam masa senggang terutama dimalam hari sambil kongkow dan bersenang - senang mereka bermain gambus yang juga dikenal musik irama pada pasir.
Dalam perkembangan ternyata diIndonesia gambus sangat diminati bukan saja oleh keturunan arab tapi masyarakat berbagai etnis.maka gambus pun menjadi musik pengiring pesta - pesta perkawinan,pesta - pesta perkawinan warga surabaya yang berpenghunikan didaerah Ampel tersebut emang mayoritas masyarakatnya orang arab dulu kurang afdol bila tidak menghadirkan hiburan musik gambus.Umunya para pemain gambus duduk bersila dipermadani yang sekaligus merupakan arena bagi para pemuda berzapin menari sambil berlompatan.
Dari situ gambus pernah menjadi musik paling bergengsi hingga menjelang tahun 1950.diRadio Republik Indonesia ( RRI ) sampai membuat siaran tetap musik gambus diantaranya musisi gambus yang paling kesohor adalah Syech Albar kelahiran surabaya 1908 yang juga penyanyi rock Achmad Albar.pada tahun 1935 rayuannya telah direkam dalam piringan hitam " His Masters Voice ".Suara dan petikan gambusnya bukan saja digemari diIndonesia tapi juga diTimur Tengah.
Jalan pintas yang dirintis Syech Albar ini diikuti oleh pemuda - pemuda keturunan Arab diberbagai tempat diIndonesia.Sejumlah OG pun bermunculan bukan hanya di Surabaya,Sidoarjo,Jakarta,Makasar,Palembang,Banjarmasin dan Gorontalo tapi jugapenduduk setempat.
Seperti dikampung kepuh kiriman waru sidoarjo pada 1999 Bapak aminullah adalah seorang pimpinan dari Al Amin sendiri satu ini barusan melangsungkan pernikahan..Selamat ya Pak.!!!mereka mengatas nama para pemuda kepuh kiriman mendirikan OG ( Orkes Gambus ) Al Amin yang dipimpinnya sendiri kemunculan OG ini tanpa diduga mendapat sambutan baik dari masyarakat Sidoarjo.
Bersamaan dengan munculnya musik gambus masyarakat juga menggemari lagu - lagu berirama melayu dan dangdut.pada era 1940 - 1950 lagu - lagu yang dinyanyikan sangat panjang.satu lagu bisa berdurasi 10 - 15 menit tergantung judul lagunya..seiring dengan itu pula muncul film - film malaya ( Malaysia ).


Tidak ada komentar: